Monster Laut Raksasa - Tak hanya hewan darat saja yang berukuran raksasa, begitupun dengan hewan laut yang sama-sama memiliki ukuran raksasa. Bayangkan saja di jaman prasejarah dulu ada hiu yang panjangnya mencapai 60 meter dan beratnya mencapai 100 ton.

Dengan ukuran tubuh sebesar itu, hiu tersebut bisa melahap sebuah kapal hanya sekali teguk. Selain hiu tersebut, masih banyak monster laut lainnya yang berukuran raksa.

Thalassomedon


Monster laut raksasa yang satu ini disebut sebagai reptil penguasa lautan di era Kapur. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 12 meter dengan lehernya yang panjang. Makhluk ini hidup sektiar 95 juta tahun lalu di perairan Amerika Utara.

Baca Juga : Godaan Terkuat Yang BIsa Membuat Pria Lupa Diri

Tylosaurus


Tylosaurus merupakan sejenis kadal raksasa purba yang hidup selama era Kapur. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 15 meter, ditambah ia memiliki gigi yang sangat tajam seperti Mosasaurus. Menurut penemuan fosilnya, Tylosaurus kadang menyukai perairan dangkal yang dekat dengan darat, tapi kadang pula menyukai perairan dalam yang jauh dari daratan.

Shastasaurus


Makhluk laut yang satu ini bisa disebut reptil laut terbesar yang pernah hidup. Shastasaurus diketahui punah pada pertengahan periode Trias, sekitar ratusan juta tahun lalu.

Bentuknya memang mirip dengan lumba-lumba di zaman sekarang. Hanya saja Shastasaurus memiliki panjang tubuh mencapai 20 meter. Dengan ukuran sepanjang itu, ia adalah predator yang sangat ditakuti.

Baca Juga : 5 Hutan Paling Angker di Dunia

Mosasaurus


Mosasaurus adalah kadal karnivora yang menyerupai buaya bersirip. Spesies ini hidup pada era Maastrichtian sekitar 70-65 juta tahun lalu. Panjang tubuhnya bisa mencapai 15 meter hingga 20 meter.

Mosasaurus memiliki gigi besar seperti pahat yang digunakan untuk mengoyak mangsanya. Dengan giginya yang sangat tajam dan besar, Mosasaurus mampu membelah hiu putih dewasa dengan mudah. Ditambah lagi makhluk ini memiliki kecepatan yang tinggi.

Megalodon


Megalodon atau dikenal dengan sebutan ‘gigi besar’ merupakan hiu prasejarah yang hidup beberapa juta tahun lalu. Megalodon merupakan spesies ikan hiu terbesar dan terganas. Meskipun tidak ada yang pernah melihatnya secara langsung, namun para ahli yakin bahwa Megalodon pernah ada dengan penemuan fosil-fosil hiu purbakala ini.

Berdasarkan penemuan fosil tersebut, Megalodon memiliki gigi sepanjang 6,5 inci (17 cm) yang ujung giginya sangatlah tajam. Untuk rahangnya mampu terbuka sampai setinggi 2,2 meter. Dengan mulut yang mampu terbuka sampai selebar itu, Megalodon mampu melahap sebuah kapal dalam satu kali serangan. Panjang tubuhnya saja mencapai 40-60 meter dan berat sekitar 100 ton.

Tidak diketahui bagaimana Megalodon bisa punah, namun para ahli memperkirakan megalodon punah karena pendingan pada zaman es sekitar 1,8 juta tahun lalu.



Rahasia Menjadi Jutawan